Selasa, 05 April 2011

0

Pengertian Dari LAN dan WAN

  • Selasa, 05 April 2011
  • Share
  • pengertian dari LAN dan WAN

    Klasifikasi

    LAN (Local Area Network) adalah criteria jaringan skala kecil, yaitu jaringan computer yang saling terhubung dalam suatu tempat yang dihubungkan melalui media transmisi.
    WAN (Wide Area Network) adalah criteria jaringan skala besar, jaringan ini pengembangan dari beberapa criteria seperti LAN dan MAN. Jaringan computer yang menghubungkan banyak LAN dan MAN dalam suatu jaringan yang terpadu melalui media transmisi.

    Dari Sisi Teknologi

    Berdasarkan teknologi antara LAN dan WAN perbedaannya sangatlah jauh berbeda. Mulai dari teknologi yang diterapkan pada masing masing criteria, dari media transmisi yang digunakan, komponen jaringan yang di gunakan, sampai protocol yang diterapkan pada masing masing teknologi.
    LAN (Local Area Network)

    Teknologi LAN telah berkembang berdasarkan industry yang mengembangkannya. Teknologi yang sering digunakan yaitu :
    1. Ethernet / Fast Ethernet (CSMA/CD) /Wireless Ethernet /Gigabite Ethernet
    2. Token Ring / FDDI
    3. 100VG-Any LAN
    4. Wireless LAN
    5. ATM LAN (LANE , LAN Emulator)
    6. GigabitEthernet
    7. Dll
    Berdasar dari cepatnya transmisi data pada LAN ini dapat dikategorikan 10MBps Ethernet dan 100MBps, dan yang terbaru saat ini mencapai 1GBps. Ethernet 10MBps bedasar media transmisi yang digunakan ada beberapa jenis yaitu 10 Base 2, 10 Base 5, 10 Base T, dan 10 Broad 36. Ethernet 100MBps sering disebut sebagai FAST LAN, media transmisi yang digunakan dapat menggunakan jenis kabel Twisted-wire-pair maupun Fiber Optic. Gigabit Ethernet merupakan generasi terakhir dengan laju data 1Gbps.

    Media Transmisi

    Untuk membangun jaringan computer memakai beragam tipe media berbeda, antara LAN dan WAN menggunakan media yang berbeda. Sudah tentu setiap media memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri. Kelebihan dari salah satu media bisa jadi merupakan kekurangan untuk media lain. Pada LAN media yang sering digunakan adalah kabel. Dari kabel Shielded Twisted Pair(STP), Unshield Twisted Pair(UTP), Coaxial, dan Fiber Optic.

    WAN (Wide Area Network)

    Pada jaringan tersebut, jaringan yang menghubungkan user-user yang berada di suatu area geografik yang besar. Jaringan ini selalu menggunakan fasilias transmisi wireless seperti perusahaan layanan telepon.



    1. Dari segi transmisi teknologi WAN memiliki dua tipe transmisi :
      • Datagram transmissions (setiap frames memiliki alamat individu)
      • Data-steram transmissions(a;oram data dengan satu alamat).
    2. Tingkat reliabilitaspun lebih tinggi baik dalam menghantarkan data maupun dalam ketersediaannya.
    3.Bandwidth ckup bervariasi dari 64 kbps hingga 2Mbps.
    4. Koneksi yang digunakan adalah koneksi menggunakan media wireless .

    Protocol –protokol Pengatur Media WAN

    1. Point-to-Point Protocol (PPP)
    Merupakan protocol tandar yang paling banyak digunakan untuk membangun koneksi antara router ke router atau antara sebuah host ke dalam jaringan dalam media WAN Synchronous mampun Asynchronous.



    2. Serial Line Internet Protocol (SLIP)
    Merupakan pendahulu dari PPP yang banyak digunakan dalam membangun koneksi serial Point-to-Point yang menggunakan protocol komunikasi TCP/IP.

    3.High-level Data Link Contrl (HDLC)
    Merupakan protocol ciptaan Cisco System, jadi penggunaan protocol ini hanya ketika sebuah jarul WAN digunakan oleh dua buah perangkat router Cisco saja. Apabila perangkat selain produk Cisco yang inign digunakan, maka protocol yang digunakan adalah PPP yang merupakan protocol standar.

    4. X.25/LAPB
    Merupakan standar buatan ITU-T ,yaitu cara koneksi antara perangkat DTE (Data Terminal Equipment) dengan DCE (Data Communication Equipment) yang memungkinkan perangkat-perangkat komputer dapat saling berkomunikasi. Kelebihannya adalah kemampuannya untuk mendeteksi error yang sangat tinggi. X.25 merupakan system lama yang hanya sampai 56Kbps

    5. Frame Relay
    Merupakan protokol yang digunakan untuk membuat koneksi Packet-Switched dengan performa yang tinggi dan dapat digunakan di atas berbagai macam interface jaringan. Untuk mendukung performanya ini, membutuhkan media yang berkecepatan tinggi, reliabel, dan bebas dari error. Frame relay yang bisa memberikan layanan WAN dengan kecepatan sampai 2,048Mbps

    6. Asynchronous Transfer Mode (ATM)
    Protokol standar internasional untuk jaringan cell relay, di mana berbagai macam servis seperti suara, video, dan data digandeng bersamaan dengan menggunakan cell-cell yang berukuran tetap. Protokol ini digunakan untuk memaksimalkan penggunaan media WAN berkecepatan sangat tinggi seperti Synchronous Optical Network (SONET). Kecepatan datanya sampai 155Mbps bahkan lebih

    Metode Komunikasi

    Asynchronous Transmission


    Komunikasi yang terjalin antara si pengirim dan penerima tidak perlu disinkronkan terlebih dahulu sebelum dapat saling berkirim data atau “tanpa bergantung pada waktu”. Biasanya koneksi jenis ini menggunakan bantuan media telepon analog yang biasa ada di rumah-rumah. Jadi di manapun Anda, asalkan ada line telepon, maka Anda dapat menikmati koneksi jenis Asynchronous

    Synchronous Transmission

    Dalam menjalin komunikasi data digunakan sebuah sinyal penentu waktu atau sering disebut dengan clock. Sinyal penentu waktu ini berguna untuk menjaga hubungan antara pengirim dan penerima tidak terputus dan siap melakukan transaksi data kapan saja diinginkan.

    Peralatan Pada WAN
    1. Router, termasuk interneworking dan port-port interface WAN
    2. Modem, termasuk interface voice-grade,channel service units/digital service units (CSU/DSU) yang melayani interface T1/E1, dan Terminal Adapter/Network Termination1 (TA/NT 1) sebagai interface Integrated Services Digital Network (ISDN
    3. Server-server dial in dan user-user yang melakukan dial out untuk melakukan koneksi
    http://putracast.blogspot.com/2010/10/perbedaan-lan-dan-wan-dari-segi.html

      0 Responses to “Pengertian Dari LAN dan WAN”

      :1 :2 :3 :4 :5 :6 :7 :8 :9 :a :b :c
      :) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ :-? #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!

      Posting Komentar

      Subscribe