Selasa, 05 Januari 2010

0

dimensi dan perencanaan manajemen strategi

  • Selasa, 05 Januari 2010
  • Share
  • -Dimensi Manajemen Strategi
    Manajemen strategi mempunyai beberapa dimensi atau bersifat multidimensional. Dimensi dimaksud adalah :
    1. Dimensi waktu dan orientasi masa depan
    Manajemen strategi dalam mempertahankan dan mengembangkan eksistensi suatu organisasi berpandangan jauh ke masa depan, dan berperilaku proaktif dan antisipatif terhadap kondisi masa depan yang diprediksi akan dihadapi. Antisipasi masa depan tersebut dirumuskan dan ditetapkan sebagai visi organisasi yang akan diwujudkan 10 tahun atau lebih masa depan. Visi dapat diartikan sebagai “ kondisi ideal yang ingin dicapai dalam eksistensi organisasi dimasa depan”.
    Sehubungan dengan hal di atas Lonnie Helgerson yang dikutip Salusu menyatakan bahwa “ Visi adalah gambaran kondisi masa depan dari suatu organisasi yang belum tampak sekarang tetapi merupakan konsepsi yang dapat dibaca oleh setiap orang (anggota organisasi). Visi memiliki kekuatan yang mampu mengundang, memanggil, dan menyerukan pada setiap orang untuk memasuki masa depan. Visi organisasi harus dirumuskan oleh manajemen puncak (pucuk pimpinan) organisasi”.
    2. Dimensi Internal dan Eksternal
    Dimensi internal adalah kondisi organisasi non profit pada saat sekarang, berupa kekuatan, kelemahan, peluang dan hambatan yang harus diketahui secara tepat untuk merumuskan renstra yang berjangka panjang.
    Analisis terhadap lingkungan eksternal terdiri dari lingkungan operasional, lingkungan nasional dan lingkungan global (internasional), yang mencakup berbagai aspek atau kondisi, seperti kondisi sosial politik, sosial ekonomi, sosial budaya, kependudukan, kemajuan dan perkembangan ilmu dan teknologi, adat istiadat, agama dan lain-lain.
    3. Dimensi Pendayagunaan Sumber-Sumber
    Manajemen strategik sebagai kegiatan manajemen tidak dapat melepaskan diri dari kemampuan mendayagunakan berbagai sumber daya yang dimiliki, agar secara terintegrasi terimplementasikan dalam fungsi-fungsi manajemen ke arah tercapainya sasaran yang ditetapkan di dalam setiap rencana operasional, dalam rangka mencapai tujuan strategik melalui pelaksanaan misi untuk mewujudkan visi organisasi publik. Sumber daya terdiri dari sumber daya material khusunya berupa sarana dan prasarana, sumber daya finansial dalam bentuk alokasi dana untuk setiap program dan proyek, sumber daya manusia, sumber daya teknologi dan sumber daya informasi.
    4. Dimensi Keikutsertaan Manajemen Puncak
    Manajemen strategik yang dimulai dengan menyusun rencana strategik merupakan pengendalian masa depan organisasi, agar eksistensi sesuai dengan visinya dapat diwujudkan, baik pada organisasi yang bersifat privat maupun publik.
    Rencana strategik harus mampu mengakomodasi seluruh aspek kehidupan organisasi yang berpengaruh pada eksistensinya dimasa depan merupakan wewenang dan tanggungjawab manajemen puncak. Oleh karena itu rencana strategik sebagai keputusan utama yang yang prinsipil itu tidak saja ditetapkan dengan mengikutsertakan, tetapi harus dilakukan secara proaktif oleh manajemen puncak, karena seluruh kegiatan untuk merealisasikannya merupakan tanggungjawabnya sebagai pimpinan tertinggi, meskipun kegiatannya dilimpahkan pada organisasi atau satuan unit kerja yang relevan.
    5. Dimensi Multi Bidang
    Manajemen strategik sebagai sistem pengimplementasiannya harus didasari dengan menempatkan organisasi satu sistem. Dengan demikian berarti sebuah organisasi akan dapat menyusun rencana strategis dan rencana renovasi jika tidak memiliki keterikatan atau ketergantungan sebagai bawahan pada organisasi lain sebagai atasan.
    Rencana strategis dan rencana operasi bersifat multidimensi, terutama jika perumusan rencana strategis hanya dilakukan pada organisasi publik yang tertinggi. Dengan dimensi yang sangat banyak itu, mudah terjadi tidak seluruh dimensi dapat diakomodasi.
    Amstrong (1990) memberikan pengertian yang lebih singkat dan tegas bahwa pengembangan sumber daya manusia adalah mengenai latihan dan pengembangan. Sumber daya manusia menurut Mangun (dalam Suroto,1992) ialah semua kegiatan manusia yang produktif dan semua potensinya untuk memberikan sumbangan yang produktif kepada masyarakat. Kualitas sumber daya manusia menyangkut dua aspek yaitu aspek fisik(kualitas fisik), dan aspek non fisik (kualitas non fisik) yang menyangkut kemampuan bekerja, berpikir, dan ketrampilan–ketrampilan lain. Oleh sebab itu upaya meningkatkan kualitas atau kemampuan-kemampuan non fisik tersebut maka upaya pendidikan dan pelatihan adalah yang paling diperlukan. Upaya inilah yang dimaksudkan dengan pengembangan sumber daya manusia
    Proses Perencanaan Strategi Produk
    Proses perencanaan strategi produk meliputi beberap langka
    • Analisis Situasi
    Analisis situasi dilakukan terhadap lingkungan internal maupun
    eksternal. Hal-hal yang perlu dipertimbangkan antara lain apakah
    perusahaan dapat memanfaatkan peluang yang ditawarkan oleh
    lingkungan eksternalnya melalui sumber daya yang dimiliki,
    seberapa besar permintaan terhadap produk tertentu, dan
    seberapa besar kemampuan perusahaan untuk memenuhi
    permintaan tersebut.
    • . Penentuan Tujuan Produk
    Selain untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, produk yang
    dihasilkan perusahaan dimaksudkan pula untuk memenuhi atau
    mencapai tujuan perusahaan. Dengan demikian, perlu
    dipertimbangkan apakah produk yang dihasilkan dapat
    memberikan kontribusi bagi pencapaian tujuan perusahaan.
    • Penentuan Sasaran Pasar
    Perusahaan dapat berusaha melayani pasar secara keseluruhan
    ataupun melakukan segmentasi. Denga demikian alternatif yang
    dapat dipilih adalah produk standar, customized product, maupun
    produk standar dengan modifikasi.
    • Penentuan Anggaran
    Anggaran bisa bermanfaat sebagai alat perencanaan, koordinasi
    sekaligus sebagai pengendalian.
    • Penetapan Strategi Produk
    Dalam tahap ini, alternatif-alternatif strategi prosuk dianalisis dan
    dinilai keunggulan dan kelemahannya, kemudian dipilih yang paling
    baik dan layak untuk kemudian diterapkan.
    • Evaluasi Pelaksanaan Strategi
    Langkah yang terakhir adalah evaluasi atau penilaian terhadap
    pelaksanaan rencana yang telah disusun

    0 Responses to “dimensi dan perencanaan manajemen strategi”

    :1 :2 :3 :4 :5 :6 :7 :8 :9 :a :b :c
    :) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ :-? #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!

    Posting Komentar

    Subscribe