Kamis, 31 Maret 2011

0

Penulisan ilmiah

  • Kamis, 31 Maret 2011
  • Share
  • Penulisan ilmiah Bab 1

    1.1 Latar Belakang.

    Berangkat dari paradigma pembelajaran dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, pendidikan, bisnis, administrasi perkantoran, komunikasi dan kegiatan lain dalam kehidupan sehari-hari memegang peranan yang cukup besar di negara ini dalam proses pembangunan secara menyeluruh. Sejalan dengan itu hanya komputerlah yang dapat menghasilkan suatu informasi yang sangat baik.
    Penyebaran informasi telah banyak dilakukan melalui media elektronik yang diantaranya adalah penyebaran informasi melalui media internet. Dimana fasilitas ini sangat membantu berbagai pihak dalam penyebaran informasi dalam berbagai bidang seperti kesehatan, bisnis, pendidikan, penjualan online, hiburan,
    dll.

    Penyebaran informasi dalam bidang pendidikan melalui media internet atau lebih dikenal dengan istilah e-learning (electronic learning) merupakan bentuk teknologi informasi yang diterapkan di bidang pendidikan dalam bentuk sekolah “maya”. Hal ini merupakan usaha untuk membuat sebuah transformasi proses belajar mengajar yang ada di sekolah ke dalam bentuk digital yang dijembatani oleh teknologi internet.
    Banyaknya siswa sekolah menengah atas jurusan IPA yang mengalami kesulitan dalam mendapatkan informasi mengenai bahan ajaran Fisika dalam persiapan menempuh ujian akhir menjadi latar belakang penulis untuk membuat media pembelajaran dengan menggunakan internet sebagai media perantaranya.
    Dengan adanya metode pembelajaran e-learning, kita dapat mengatakan bahwa belajar akan menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Dengan beberapa kali klik, semua proses belajar mengajar dapat diselesaikan dengan cepat. Selain itu secara psikologis, siswa menjadi jauh dari tekanan, baik dari pihak institusi pendidikan maupun staff pengajar. Oleh sebab itu penulis mencoba membuat
    sebuah program aplikasi e-learning dengan judul “aplikasi e-learning Fisika untuk siswa SMA dengan menggunakan Moodle”.
    Untuk pembuatan aplikasi ini penulis menggunakan software Moodle karena Moodle memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan software- software yang lain, salah satunya adalah 100% cocok untuk kelas online dan sama baiknya dengan belajar tambahan yang langsung berhadapan dengan dosen / guru. Disamping itu juga software ini bersifat Sederhana, efisien, ringan dan kompatibel dengan banyak browser.

    1.3 Tujuan Penulisan.

    Pembuatan website e-learning pembelajaran Fisika yang ditujukan khususnya kepada siswa SMA kelas 3 ini berisi materi pembelajaran Fisika, latihan soal beserta pembahasan yang menjelaskan bagaimana soal-soal tersebut dapat dipecahkan. Dengan adanya aplikasi ini, penulis mempunyai tujuan agar dapat membantu memberikan kemudahan kepada siswa SMA kelas 3 dalam mendapatkan materi, latihan-latihan soal beserta cara pemecahan masalahnya serta memberikan nilai dari latihan soal yang mereka kerjakan. Dengan adanya website e-learning ini memungkinkan siswa tidak hanya di kelas, tetapi mereka juga dapat belajar di luar kelas secara mandiri yaitu dengan menggunakan website e-learning melalui prantara internet yang dapat diakses setiap saat, kapan dan dimana pun.

    Bab 2

    Pembahasan Teori yang di gunakan.

    E-Learning
    Istilah e-Learning mengandung pengertian yang sangat luas,sehingga banyak pakar yang menguraikan tentang definisi e-learning dari berbagai sudut pandang.Salah satu definisi yang cukup dapat diterima banyak pihak misalnya dari Darin E.Hartley yang menyatakan:
    e-Learning merupakan suatu jenis belajar mengajar yang memungkinkan tersampaikannya bahan ajar ke siswa dengan menggunakan media internet,intranet atau media jaringan computer lain.
    Pada dasarnya e-Learning mempunyai 2 tipe,yaitu synchronous dan asynchronous.
    Synchronous training
    Synchronous berarti “pada waktu yang sama”.Jadi , Synchronous Training adalah tipe pelatihan,dimana proses pembelajaran terjadi pada saat yang sama ketika pengajar sedang mengajar dan murid sedang belajar.Hal tersebut memungkinkan interaksi langsung antara murid dan guru,baik menggunakan internet maupun intranet.
    Asynchronous Training
    Asynchronous berarti “tidak pada waktu yang bersamaan”Jadi,seseorang dapat mengambil pelatihan pada waktu yang berbeda dengan pengajar memberikan pelatihan.Pelatihan ini lebih populer di dunia e-learning karena memberikan keuntungan lebih bagi peserta pelatihan.karena dapat mengakses pelatihan kapanpun dan dimanapun.

    Bab 3

    Kesimpulan

    Dengan semakin berkembangnya komputer, baik perangkat keras maupun perangkat lunak, maka sudah sewajarnya pemakai komputer tersebut dapat mengikuti arus perkembangannya. Dengan pembuatan aplikasi penerimaan siswa-siswi baru ini, penulis mengharapkan agar aplikasi tersebut dapat berguna bagi pemilik sekolah tersebut. Penulis juga mengharapkan agar pembaca dapat mengembangkan aplikasi database tersebut, sehingga menjadi lebih sempurna.

    0 Responses to “Penulisan ilmiah”

    :1 :2 :3 :4 :5 :6 :7 :8 :9 :a :b :c
    :) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ :-? #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!

    Posting Komentar

    Subscribe